aspek pemasaran dalam berwirausaha

Aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha.

Contoh aspek pasar dan pemasaran :
 


> Spesifikasi Produk
> Segmentasi Pasar
> Analisa dan Peramalan Permintaan
> Analisa Pesaing
> Penentuan Harga Jual
> Promosi
> Negosiasi
> Distribusi. 

Aspek Pemasaran : Spesifikasi Produk dan Product Differentiation


Contoh aspek pemasaran yang pertama adalah spesifikasi produk. Produk adalah setiap hal berupa barang maupun jasa yang  ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen. Keputusan-keputusan tentang produk dalam aspek pemasaran mencakup bentuk penawaran secara fisik, merknya, kemasaran, garansi, dan servis purna jual. Pengembangan produk dapat dilakukan setelah mengetahui keperluan dan keingingan pasarnya. Jika masalah ini telah selesai maka keputusan mengenai harga, distribusi dan promosi dapat diambil.


Contoh aspek pemasaran kopi janji jiwa yang memposting menu menu kopi nya di instagram,

Janji jiwa memposting varian harga kopi dan promo nya pada media sosial agar lebih banyak khalayak mengetahui dan minat untuk membeli nya. 

Aspek Pemasaran : Segmentasi Pasar
Apabila analisis aspek pemasaran pada spesifikasi produk dan Product Differentiation didasarkan pada pemisahan atau pengkhususan di antara produk-produk, maka segmentasi pasar didasarkan pada pemisahan atau pengkhususan diantara para calon konsumen sebagai pasar.
Pada kenyataannya, pasar itu bersifat heterogen oleh karena itu sulit kiranya bagi perusahaan untuk memasarakan produknya (kecuali produk tertentu seperti garam) tanpa mengadakan segmentasi pasar.
Faktor-faktor yang digunakan untuk menyusun aspek pemasaran segmentasi pasar adalah :
·       > Demografi : Seperti umur, kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, kesukaan, pendidikan dan sebagainya.
Produk kopi janj jiwa bisa di minum dan di nikmati oleh berbagai jenis kelamin, yang tidak menyukai kopi juga bisa membeli nya karna janji jiwa membuat menu non kopi
·      > Tingkat Penghasilan : Penghasilan kelas atas, menengah atau bawah bisa menikmati nya karna harga nya sangat murah dan terjangkau. 
 


Aspek Pemasaran : Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang sesusai dengan kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan usaha. Pada umumnya analisis ini akan menghasilkan pembaharuan dalam bentuk pemasaran, keuntungan yang diperoleh jika membeli suatu produk seperti diskon dalam situasi dan keadaan tertentu atau berupa hadiah langsung.



Aspek Pemasaran : Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah satu dari aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang cukup siginifikan. Analisis aspek pemasaran ini menjadi penentu dimana posisi kita dalam dunia bisnis.

Pesaing merupakan perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang memiliki kemiripan dengan produk yang kita hasilkan/tawarkan. Analisa pesaing yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi terhadap kesempatan, ancaman atau persoalan strategis yang timbul dari pergantian suasana bersaing yang potensial.

Aspek Pemasaran : Promosi

Promosi merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha.
Promosi merupakan upaya dari penjual untuk menawarkan produknya kepada pembeli atau konsumen supaya konsumen berminat untuk melakukan pembelian.
Promosi merupakan bagian yang sangat vital dalam aspek pemasaran dimana melalui promosi, penjual dapat memberikan informasi secara luas mengenai produk, mempengaruhi dan melakukan langkah persuasif kepada konsumen, dan juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Promosi merupakan suatu info maupun tindakan mengajak yang dilakukan satu arah dalam rangka memberikan pengarahan kepada seseorang maupun sekelompok orang untuk melakukan sesuatu yang mengarah pada pertukaran pada pemasaran.
Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut :


Tujuan Promosi : Promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga dalam penyusunan strategi promosi dapat tepat sasaran dan dilakukan seefisien mungkin. Berikut tujuan dari promosi :
> Memberitahu konsumen tentang penawaran produk

> Mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk yang kita tawarkan


> Membujuk konsumen untuk melakukan transaksi pembelian


> Merubah perilaku konsumen
> Mempertahankan merk produk perusahaan di mata konsumen.


Komentar