aspek pemasaran dalam berwirausaha
Aspek
pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan
perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan
usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang
dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha.
Contoh
aspek pasar dan pemasaran :
> Spesifikasi Produk
> Segmentasi Pasar
> Analisa dan
Peramalan Permintaan
> Analisa Pesaing
> Penentuan Harga
Jual
> Promosi
> Negosiasi
> Distribusi.
Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut :
Tujuan Promosi : Promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga dalam penyusunan strategi promosi dapat tepat sasaran dan dilakukan seefisien mungkin. Berikut tujuan dari promosi :
> Memberitahu konsumen tentang penawaran produk
> Mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk yang kita tawarkan
> Membujuk konsumen untuk melakukan transaksi pembelian
Aspek
Pemasaran : Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Contoh aspek
pemasaran yang pertama adalah spesifikasi produk. Produk adalah setiap hal
berupa barang maupun jasa yang
ditawarkan ke pasar untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan konsumen.
Keputusan-keputusan tentang produk dalam aspek pemasaran mencakup bentuk
penawaran secara fisik, merknya, kemasaran, garansi, dan servis purna jual.
Pengembangan produk dapat dilakukan setelah mengetahui keperluan dan keingingan
pasarnya. Jika masalah ini telah selesai maka keputusan mengenai harga,
distribusi dan promosi dapat diambil.
Contoh
aspek pemasaran kopi janji jiwa yang memposting menu menu kopi nya di instagram,
Janji jiwa
memposting varian harga kopi dan promo nya pada media sosial agar lebih banyak
khalayak mengetahui dan minat untuk membeli nya.
Aspek
Pemasaran : Segmentasi Pasar
Apabila analisis
aspek pemasaran pada spesifikasi produk dan Product Differentiation didasarkan
pada pemisahan atau pengkhususan di antara produk-produk, maka segmentasi pasar
didasarkan pada pemisahan atau pengkhususan diantara para calon konsumen
sebagai pasar.
Pada kenyataannya,
pasar itu bersifat heterogen oleh karena itu sulit kiranya bagi perusahaan
untuk memasarakan produknya (kecuali produk tertentu seperti garam) tanpa
mengadakan segmentasi pasar.
Faktor-faktor yang
digunakan untuk menyusun aspek pemasaran segmentasi pasar adalah :
· > Demografi : Seperti umur,
kepadatan penduduk, jenis kelamin, agama, kesukaan, pendidikan dan sebagainya.
Produk kopi janj
jiwa bisa di minum dan di nikmati oleh berbagai jenis kelamin, yang tidak
menyukai kopi juga bisa membeli nya karna janji jiwa membuat menu non kopi
· > Tingkat Penghasilan : Penghasilan kelas
atas, menengah atau bawah bisa menikmati nya karna harga nya sangat murah dan
terjangkau.
Aspek
Pemasaran : Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar
merupakan langkah pertama dalam merencanakan strategi yang sesusai dengan
kondisi pasar untuk menangkap peluang dan mengembangkan usaha. Pada umumnya analisis
ini akan menghasilkan pembaharuan dalam bentuk pemasaran, keuntungan yang
diperoleh jika membeli suatu produk seperti diskon dalam situasi dan keadaan
tertentu atau berupa hadiah langsung.
Aspek
Pemasaran : Analisa Pesaing
Analisa pesaing
adalah satu dari aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang cukup
siginifikan. Analisis aspek pemasaran ini menjadi penentu dimana posisi kita
dalam dunia bisnis.
Pesaing merupakan
perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang memiliki kemiripan
dengan produk yang kita hasilkan/tawarkan. Analisa pesaing yang perlu dilakukan
adalah dengan melakukan identifikasi terhadap kesempatan, ancaman atau
persoalan strategis yang timbul dari pergantian suasana bersaing yang
potensial.
Aspek Pemasaran : Promosi
Promosi merupakan ujung tombak dari aspek
pemasaran dalam pengelolaan usaha.
Promosi merupakan upaya dari penjual untuk
menawarkan produknya kepada pembeli atau konsumen supaya konsumen berminat
untuk melakukan pembelian.
Promosi merupakan bagian yang sangat vital dalam
aspek pemasaran dimana melalui promosi, penjual dapat memberikan informasi
secara luas mengenai produk, mempengaruhi dan melakukan langkah persuasif
kepada konsumen, dan juga dapat mendekatkan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Promosi merupakan suatu info maupun tindakan mengajak yang dilakukan satu
arah dalam rangka memberikan pengarahan kepada seseorang maupun sekelompok
orang untuk melakukan sesuatu yang mengarah pada pertukaran pada pemasaran.Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi adalah sebagai berikut :
Tujuan Promosi : Promosi memiliki tujuan yang ingin dicapai sehingga dalam penyusunan strategi promosi dapat tepat sasaran dan dilakukan seefisien mungkin. Berikut tujuan dari promosi :
> Memberitahu konsumen tentang penawaran produk
> Mengingatkan kepada konsumen akan manfaat dari produk yang kita tawarkan
> Membujuk konsumen untuk melakukan transaksi pembelian
> Merubah perilaku konsumen
> Mempertahankan merk produk perusahaan di mata konsumen.
> Mempertahankan merk produk perusahaan di mata konsumen.
Komentar
Posting Komentar