MANAJEMEN KEUANGAN


Bertemu lagi dengan aksara blog, kali ini saya datang dengan tema yang tentunya menarik dan terbaru yaitu “manajemen keuangan”. Pasti dalam artikel blog ini pembaca bisa mendapatkan ilmu dan manfaat terbaru. Jadi, jangan di lewatkan dan tetap dibaca yaaaa…..

Definisi manajemen keuangan itu apa sih ?
Manajemen keuangan merupakan segala kegiatan ataupun aktivitas pada perusahaan yang berhubungan dengan bagaimanakah caranya agar bisa mendapatkan pendanaan modal kerka, menggunakan atau mengalokasikan dana tersebut serta mengelola asset yang telah dimiliki perusahaan guna mencapai tujuan utama pada suatu perusahaan.
Menurut pendapat yang lainnya, definisi dari manajemen keuangan dapat di artikan sebagai suatu manajemen dana baik itu yang berhubungan dengan permasalahan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana dalam pembiayaan investasi maupun pembelanjaan secara efisien.
Sumber dana
Aspek keuangan adalah masalah memperoleh dana, bermacam-macam sumber tersedia. Setiap sumber mempunyai ciri tersendiri, seperti biayanya (bunga atau tingkat deviden), jatuh tempo serta besarannya dan hal-hal lain yang diisyaratkan oleh pemberi modal. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, seorang wirausaha atau direktur/manajer keuangan harus menentukan suatu campuran yang terbaik untuk memodali perusahaannya. Pengaruh terhadap kontinuitas usaha jangka panjang dan pemilik modal harus dipertimbangkan ketika keputusan ini diambil. Biaya-biaya untuk memperoleh sumber dana (biaya modal) misalnya biaya bunga dan lain-lain harus diperhitungkan, hal ini untuk mengurangi resiko keuangan yang terjadi. Pemahaman akan sumber dan penggunaan dana harus benar-benar dipahami dengan seksama bagi wirausaha atau perusahaan, bagaimana macam-macam sumber dana untuk pembiayaan jangka pendek dan bagaimana macam-macam sumber dana untuk pembiyaan jangka panjang. Didalam lampiran akan diberikan informasi dan penjelasan mengenai sumber-sumber dana yang kiranya berguna bagi wirausaha pemula untuk pengembangan usaha.    


Berikut adalah salah satu sumber dana dari PT ABC :
a. Berkurangnya aktivitas lancar selain kas
b. Berkurangnya aktivitas tetap
c. Bertambahnya setiap jenis utang
d. Bertambahnya modal
e. Adanya keuntungan dari operasi perusahaan.

SUMBER

Dana berasal dari operasi :
1,500
Keuntungan neto
500
Depresiasi
200
Berkurangnya efek
200
Berkurangnya piutang
200
Bertambahnya utang wesel
200
Bertambahnya obligasi
1,500

4,100

Berikut ilustrasi neraca dari PT. ABC

Penggunaan Dana
Hal yang pertama seorang wirausaha atau Direktur/Manajer keuangan harus dapat mengawasi dan menentukan pengalokasian dana untuk berbagai kemungkinan penggunaan.   Penggunaan sumber dana harus sesuai dengan rencana serta sasaran pokok usaha sehingga dapat memaksimalkan keuntungan bagi pemilik modal dan kontinuitas pengembalian pinjaman.  Rencana dana harus ditetapkan terlebih dahulu dan ini merupakan bagian dari rencana usaha atau kelayakan usaha, dimana pengalokasian dana harus mengikuti prinsip pengelolaan keuangan yang telah ditetapkan dalam rencana tersebut. Rencana penggunaan dana jangka pendek berupa; kas, surat berharga, piutang, dan persediaan termasuk dalam investasi aktiva lancar dan rencana penggunaan dana jangka panjang berupa; Tanah, gedung, pabrik dan peralatan termasuk dalam investasi aktiva tetap. 


Penggunaan Dana

Cash devidend
700
Bertambahnya mesin
1000
Bertambahnya tanah
1,400
Bertambahnya barang
400
Berkurangnya utang niaga
500
Bertambahnya kas
100

4,100
 
Tambahan :
Selama tahun 2002 perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan neto sesudah pajak sebesar Rp. 1.500.000 dan dibayarkan sebagai cash dividend sebesar Rp. 700.000

Cashflow (Aliran Dana) 
1. Rasio Likuiditas
Menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansial yang berjangka pendek tepat pada waktunya. 
   
2. Rasio Aktivitas 
menunjukkan sejauh mana efisensi perusahaan dalam menggunakan aset untuk memperoleh penjualan

3. Rasio Leverage 
menunjukkan kapasitas perusahaan untuk memenuhi kewajiban baik jangka pendek maupun jangka panjang.
 
4.  Rasio Profitabilitas 
mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan memperoleh laba baik dalam hubungannya dengan penjualan, aset maupun laba bagi modal sendiri.
 




penjelasan di atas merupakan manajamen keuangan beserta dengan ilustrasi cashflow dalam mematangkan model bisnis. Mempersiapkan semuanya dengan rinci dan detail dapat membuat bisnis berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semangat untuk membangun bisnis baru....:)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Press Release #6