Business Plan (BP)



 Wait at least six months until you write a business plan
Saat ini, banyak sekali orang-orang yang memutuskan untuk membuka bisnisnya sendiri. Seorang pebisnis, tentunya perlu membuat bisnis plan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Namun, rencana bisnis sering kali hasilnya tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

Hal ini karena parameter ekonomi di dalam pasar secara nyata sangat sulit diprediksi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk itu, motivasi dan niat dari pebisnis itu sendiri yang akan menyebabkan suatu bisnis dapat bertahan atau tetap berjalan walaupun hasil dengan perencanaannya menyimpang.

Nah pada Aksara Tugas kali ini saya akan membahas mengenai Bussines Plan jadi jangan sampai kelewat dan tetap stay untuk membacanya ya…..

Pengertian business plan adalah suatu kata yang di ambil dari bahasa inggris yang artinya sibuk, dalam artian sibuk dalam busniess adalah mengerjakan suatu perusaan yang individu,kelompok,atau komunitas. Dalam bussines plan pengertian dari suatu usaha atau bisnis yang menghasilkan keuangan atau laba dari suatu usaha yang di kerjakan dalam suatu kelompok. Dalam busines plan pengertian dari suatu usaha atau bisnis yang menghasilkan keuangan atau laba dari suatu usaha yang di kerjakan dalam suatu kelompok. Perencanaan bisnis adalah suatu buku pedoman bagi para pebisnis seseorang yang berusaha karna untuk mengetahui suatu arah mana bisnis mau dibawa di jalan yang lurus dan mengetahui harga dalam pemasarannya, jika seorang pebisnis pasti mengetahui sistem atau mempunyai rancangan dalam menjalankannya usahanya.
Sudah menjadi hal yang wajar jika setiap pengusaha melakukan sebuah perencanaan awal, misalnya usaha apa yang akan dibuka, mengapa memilih usaha tersebut, di mana lokasinya, siapa konsumennya, di mana sumber modal dan sebagainya. Membuat business plan adalah salah satu cara untuk membangun fondasi yang kuat terhadap bisnis Anda. Bahkan, sebagian orang percaya bahwa seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan, sebenarnya sedang merencanakan kegagalan. Yuk, ketahui manfaat dari membuat business plan di bawah ini.

a. Mengawali sebuah bisnis : Membuat business plan adalah cara pertama untuk mengetahui akankah bisnis tersebut menguntungkan atau sebaliknya. Sebuah bisnis bisa dikatakan sukses salah satunya dengan membuat business plan secara detail. Sebagai langkah awal, Anda harus bisa mengidentifikasi visi dan misi dari usaha Anda, metode penjualan, konsumen, hingga saingan Anda. Dengan begitu, bisnis Anda menjadi lebih terarah dan akan lebih dalam mengembangkannya.

b. Membantu permodalan : Dalam membangun sebuah bisnis, tentunya memerlukan modal yang sesuai dengan usaha apa yang akan dijalani. Jika Anda tidak memiliki business plan, tentu akan mempersulit Anda dalam menemukan para pemodal yang ingin memberikan dana mereka. Tidak ada pula investor yang ingin memberikan dana tanpa mengetahui apa yang mereka dapatkan. Maka penting untuk membuat business plan demi bekerjasama dengan investor. Dalam menyajikan presentasi business plan kepada investor, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah bisnis tersebut sudah layak bersaing atau tidak. Business plan akan memberikan perencanaan berapa dana yang harus Anda dapatkan dari para investor dan keuntungan yang akan Anda capai. Dengan membuat business plan yang jelas akan memudahkan investor menilai kesiapan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

c. Membantu membuat keputusan : Manfaat lain dalam membuat business plan adalah membantu membuat keputusan dan memberikan arahan terkait keberadaan bisnis Anda – apakah sudah sesuai dengan rencana. Selain itu, dari membuat business plan akan terlihat jelas tujuan bisnis yang Anda lakukan. Sejauh mana hasil penjualan dan ketertarikan konsumen terhadap produk Anda akan menentukan keputusan terhadap langkah selanjutnya. Ketika hasil business plan yang sudah Anda buat tidak sesuai harapan, Anda harus bisa menentukan langkah selanjutnya. Ketahui apa penyebab kesalahan, sehingga Anda bisa mencari jalan keluar. Terlihat sulit, namun Anda perlu mengetahui step by step solusi pada setiap rencana yang telah Anda susun.

d. Membantu mengembangkan ide bisnis : Ide yang sudah Anda miliki dapat dikembangkan ketika Anda sudah membuat business plan. Riset yang Anda dapatkan saat menyusun rencana merupakan kunci penting dalam mengembangkan ide bisnis tersebut. Riset akan menghasilkan insights dari konsumen Anda. Selain itu, membuat business plan juga memberikan pilihan ide baru untuk melakukan inovasi, sehingga konsumen tidak bosan dan usaha Anda tidak kalah bersaing dengan produk lain. Ketika ide tidak dikembangkan, maka bisnis Anda juga tidak akan bertahan lama. Tidak ingin bisnis Anda hanya “hits” di awal saja, bukan?

e. Memberikan gambaran kepada konsumen dan investor : Dalam meluncurkan sebuah produk baru, tentu perlu adanya usaha ekstra dalam memasarkannya. Sebelum menggunakan media sosial secara maksimal, Anda perlu memahami produk secara mendalam. Anda harus paham produk tersebut lebih cocok ditargetkan untuk siapa, bahkan mungkin secara spesifik dalam segi demografis maupun psikografinya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan penjelasan kepada konsumen dan investor mengenai perbedaan yang dimiliki oleh produk Anda dengan produk pesaing. 

Link ilustrasi cara membuat Business Plan : https://youtu.be/H_9UV-GQqsU 

Prinsip Busniess Plan
a. Perencanaan usaha harus dapat diterima oleh semua pihak
b. Perencanaan usaha harus fleksibel dan realistis
c. Perencanaan usaha harus mencakup seluruh aspek kegiatan usaha
d. Perencanaan usaha harus merumuskan cara-cara kerja usaha yang efektif dan efisien.

Komponen Busniess Plan
a. Ringkasan (Executive Summary)
b. Deskripsi Perusahaan (Company Description)
c. Barang atau jasa yang diproduksi atau dipasarkan
d. Analisis aspek pasar
e. Analisis aspek teknik/produksi
f. Analisis aspek manajemen
g. Analisis aspek finansial/keuangan.

Itulah penjelasan mengenai Busniess Plan, semoga berguna dan bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Press Release #6