Ide Bisnis (Mencari/Menemukan Ide Bisnis)

Hallo kawula Aksara…. setelah postingan sebelumnya sudah membahas mengenai Business Plan (BP), maka di postingan tulisan ini, akan membagikan informasi mengenai Ide Bisnis (Mencari/Menemukan Ide Bisnis). Simak informasi lebih lanjut di bawah ini yaa.. selamat membaca!
Ide bisnis memang tidak mudah didapatkan. Tetapi kalau kita memiliki satu ide untuk berbisnis, beranilah untuk memulainya. Karena banyak orang yang memiliki ide, tetapi mereka tidak berani memulai.
Berbisnis saat ini memang sudah mulai banyak digeluti oleh banyka orang. Hal ini karena mereka menginginkan mendapatkan pendapatan lebih dari bisnis yang ingin mereka jalankan. Sebagian dari kita terkadang selalu merasa kurang dengan pendapatan yang kita dapatkan dari kantor. Maka untuk menambah dan memperbesar pendapatan, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan bisnis sampingan.
Memang kadang kita sudah punya niat untuk berbisnis, tetapi kita bingung ingin berbisnis di bidang apa. Padahal banyak sekali ide bisnis yang bisa kamu lakukan. Jika kamu bingung mungkin beberapa ide bisnis berikut ini dapat menjadi rujukan kamu untuk memulai bisnis :
1) Hobi
Poin pertama ini mungkin terdengar cukup aneh, tetapi tetap berguna. Lakukanlah beberapa survey kecil-kecilan, khusus untuk Anda yang masih bingung dengan hobinya sendiri. Carilah apa hobi yang sebenarnya Anda sukai, bisa membuat Anda merasa nyaman dan menyenangkan, atau kegiatan seperti apa yang membuat Anda rela untuk membayar demi melakukan hal tersebut.
Setelah Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut, pastikan hobi yang Anda sukai tersebut berpotensi untuk mendatangkan pemasukan atau pundi-pundi rupiah bagi Anda.
Setelah menemukan hobi yang Anda sukai, langkah selanjutnya adalah untuk menentukan hobi mana yang paling memiliki potensi untuk dijual. Pilihlah hobi-hobi yang juga banyak diminati oleh orang banyak, karena semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang bisa kamu bidik untuk mendatangkan tambahan penghasilan.
Sebagai contoh misalnya, Anda memiliki hobi memancing, berarti bisnis yang bisa Anda lakukan adalah bisnis yang berkaitan dengan dunia memancing, seperti membuka toko peralatan dan aksesoris memancing, menjual umpan, dan alat pemancingan lainnya secara online ataupun offline.
Jika memiliki modal berlebih, Anda juga bisa membuka sebuah bisnis pemancingan untuk menyalurkan hobi Anda sekaligus mendapatkan keuntungan dari bisnis sampingan yang Anda jalankan.
2) Mengenali dengan Baik Target Pasar Anda
Setelah menentukan hobi Anda agar dapat menghasilkan keuntungan, langkah selanjutnya adalah untuk mengenali dengan baik target pasar yang ingin Anda dapatkan. Setelah memilih hobi yang paling berpotensi, tentunya Anda sudah memahami betul apa yang konsumen sukai dan tidak sukai. Manfaatkan pengetahuan Anda tersebut untuk membantu Anda menentukan target pasar Anda.
Misalnya sebagai contoh, Anda memiliki hobi pada bidang fashion, berarti Anda harus memahami lebih dalam mengenai perkembangan pasar fashion di sekitar Anda. Mulai dari trend apa yang sedang berkembang, mana gaya fashion yang sedang dicari oleh para penggemar fashion, siapakah target pelanggan Anda, aksesoris fashion mana yang sudah tidak diminati oleh para konsumen, dan juga lainnya.
Jika Anda sudah menentukan target pasar dengan tepat, tentunya data yang sudah Anda kerjakan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda selanjutnya. Pastikan pula Anda tidak melewatkan dukungan teknis lainnya seperti teknik pemasaran dan teknik-teknik lain yang perlu Anda kuasai untuk bisnis tersebut.

3) Menemukan Jaringan

Di zaman yang sudah modern ini tentunya kehadiran internet memang sudah memudahkan kegiatan bisnis dari celah manapun, namun bukan berarti bisnis yang terjadi dari mulut ke mulut dan jaringan sudah tidak berlaku sama sekali. Meskipun terdengar kuno, tetapi cara ini merupakan salah satu alternatif yang cukup ampuh untuk memasarkan produk pertama dari hobi Anda.
Temukan klub, konferensi, dan kelompok professional khusus lainnya yang dapat membantu Anda di dalam dunia pemasaran. Anda bisa belajar banyak tentang pengalaman dan mendapatkan kesempatan untuk bergaul dengan para pengusaha yang sudah berhasil sebelumnya melalui sebuah jaringan kelompok bisnis.
Sangat menguntungkan, bukan? Anda juga bisa perlahan-lahan memulai untuk membangun sebuah komunitas atau jaringan dengan cara mempromosikan diri Anda pada komunitas yang berhubungan dengan hobi Anda.
Misalnya, jika Anda memiliki hobi untuk melakukan modifikasi motor, maka masuklah ke dalam sebuah komunitas pecinta modifikasi, pelajarilah hal-hal yang Anda dapatkan di komunitas tersebut dan bangunlah komunitas serupa milik Anda sendiri. Selain dapat membantu Anda menjaring pelanggan, komunitas atau jaringan ini juga memiliki peran untuk memperluas jaringan dan jangkauan bisnis Anda.
LINK ILUSTRASI IDE BISNIS : https://www.youtube.com/watch?v=pKKihacGY50&authuser=0 
Nahhhh jadi, untuk kalian yang ingin memulai bisnis bisa di coba membuat ide bisnis cukup mudah untuk di implementasikan asalkan kita mau sering-sering berlatih, Yuk mulai berbisnis dan selamat mencoba! 😊😊










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Press Release #6